Rumus Matematika untuk Menghitung Volume Tabung / Silinder

Rumus matematika untuk menghitung volume tabung pada dasarnya sangat sederhana. Namun begitu dalam prakteknya banyak orang yang tidak mampu atau melakukan kesalahan saat menggunakannya. Hal seperti ini biasanya terjadi ketika sedang dihadapkan pada jenis soal yang menjebak atau pun terlihat tidak lengkap.

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang mempelajari cara mencari / menghitung volume tabung, berikut merupakan rumus matematika baku yang dapat Anda gunakan untuk menghitung volume tabung: bersama metode menimbang permulaan bermacam macam patuh aturan ilmu yg rupa-rupanya kamu perlukan, metode menaksir daya tampung Tabung yg Benar.

pandangan Silinder (Tabung)
kapasitas Silinder – Apa itu silinder tabung silinder tabung ialah bangunan 3 dimensi beraturan dgn wujud seperti tabung bersama sirkuit dan mempunyai ketinggian tertentu.

Radius, Diameter, dan Tinggi satu buah Silinder
takaran mulai sejak satu buah silinder atau tabung tersimpul tak diliat dgn besaran diameter penampang tabung tambah tingginya, itu berarti diameter tabung sanggup tampak lebih pendek atau lebih panjang bersumber tinggi tabung itu sendirinya, menjadi dapat dikatakan dimensi tinggi silinder lebih agung berasal diameternya dimensi tinggi guna tabung dinamakan semula panjang silinder umpamanya guna Batang metal malahan dimensi tinggi ini terkadang dinamakan yang merupakan tebal silinder seperti sampel kepada keping koin.

resep menyukat daya muat Silinder
Nah buat menilai kapasitas silinder tertulis kamu sanggup memanfaatkan formula terhadap itu kamu mesti mengerti dimensi radius diameter sedang tinggi silinder tercatat, berikut rahasia yg dapat kamu pakai :

kapasitas = phi x radius x radius x tinggi

di mana phi = 22/7

kiat ini sangat sering ditulis dengan cara lebih disingkat juga sebagai V = phi x r x r x t. kapasitas satu buah silinder buat dasarnya yakni luas perputaran penampang tabung dikalikan dgn tinggi tabung. untuk formula tercatat pi x r x r yakni luas perputaran penampang silinder.

butuh diperhatikan bahwa dalam menaksir daya tampung suatu silinder memanfaatkan trik di atas, dimensi radius (atau diameter) dan tingginya mesti dalam unit yg sama. unit daya muat yakni unit panjang kubik contohnya millimeter kubik mili meter( senti meter kubik senti meter( , meter kubik (m³), dan lain sebagainya.

V = Luas alas x tinggi tabung

V = π x r2 x t

Keterangan:

V = Volume tabung

Π = konstanta dengan nilai 22/7 atau 3,14

r = jari – jari lingkaran / alas

t = tinggi tabung

Contoh: sebuah silinder memiliki panjang diameter alas 10 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume silinder tersebut?

Jawab:

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menjawab soal di atas adalah menghitung panjang jari – jari alas tabung / silinder.

r  = d/2

r = 10/2 = 5 cm

Setelah panjang jari – jari alasnya berhasil diketahui, selanjutnya kita tinggal mengaplikasikan rumus volumenya seperti biasa

V = π x r2 x t

V = 3.14 x 52 x 10

V = 3,14 x 25 x 10

V = 785 cm3

Itulah sedikit informasi mengenai rumus matematika untuk menghitung volume tabung yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer