Ragam Kesenian Khas Indonesia

tari pendet

Indonesia mempunyai banyak beragam macam kebudayaan yakni kebudayaan etnik serta kebudayaan asing, sedang Kebudayaan Nasional Indonesia semenjak sumpah Pemuda, atau semenjak Indonesia merdeka, hingga kebudayaan yang ada begitu memang perlu dilestarikan serta di kembangkan oleh generasi muda sekarang ini, supaya kekayaan kebudayaan yang dipunyai Indonesia tetap tampak serta dilihat oleh negara lainnya jika begitu jumlahnya kesenian budaya yang sudah dilestarikan serta dibudayakan oleh bangsa kita.

Menjadi contoh dari ada kebudayaan di Indonesia salah satunya seperti kesenian Batik, kesenian Reog, serta kesenian Tari Pendet. Kebudayaan itu begitu ciri khas serta populer di Indonesia. Bangsa yang maju merupakan bangsa yang menghormati serta bangga akan kebudayaannya sendiri. Dari kebudayaan satu bangsa bisa disaksikan dari perkembangan serta Intelektualitas masyarakatnya. Indonesia menjadi bangsa yang plural dengan macam kebudayaannya dapat menarik perhatian dunia salah satunya warisan budaya itu merupakan batik. Kesenian batik adalah seni membuat motif design berbentuk gambar diatas kain untuk baju sebagai salah satunya kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia jaman dahulu. Batik yang disebut budaya asli bangsa Indonesia merupakan salah satunya kekayaan budaya bangsa yang perlu dilestarikan serta di kembangkan terus-terusan yang menaruh beberapa kearifan yang mengakar dengan cara substansial dari bagian ornamentasi kesesuaian, proses membuatnya, sampai langkah mengapresiasikannya, kekhasan, motif, dan corak yang dibuat dari batik-batik di beberapa daerah adalah kemampuan yang begitu mengagumkan terutamanya buat kekayaan seni budaya Indonesia serta belumlah ada di negara mana saja yang mempunyai kekayaan perancangan motif yang unik pada batik seperti yang dipunyai bangsa Indonesia.

Di Indonesia bahkan juga didunia Internasional batik sudah mempunyai tempat dihati orang-orang. Yogyakarta serta Jawa Tengah merupakan daerah yang populer akan kerajinan produk batiknya. Hal seperti ini dikarenakan oleh histori batik itu, yang disebut budaya yang lahir dari keajaiban-keajaiban kuno di Jawa serta berkembang cepat di daerah itu sampai saat ini. Bersamaan perubahan waktu batik jadi kebiasaan turun-temurun. Jadi design batik juga bermacam begitupun dengan jenis batik serta saat ini batik juga sudah beranjak digunakan oleh orang dari beberapa susunan orang-orang.

Histori kesenian batik di Indonesia terkait dengan perubahan kerajaan Majapahit serta penyebaran ajaran Islam di tanah Jawa. Dalam beberapa catatan, perubahan batik banyak dikerjakan pada saat-saat kerajaan Mataram. Pada saat-saat kerajaan Mataram, lalu pada saat kerajaan Solo serta Yogyakarta. Jadi kesenian batik di Indonesia ini sudah diketahui semenjak jaman kerajaan Majapahit serta selalu berkembang pada kerajaan serta raja-raja selanjutnya. Yang lama kelamaan kesenian batik ini ditiru oleh rakyat paling dekat serta setelah itu meluas jadi pekerjaan kaum hawa dalam rumah tangganya untuk isi waktu senggang. Lalu, batik yang awal mulanya cuma baju umum keluarga keraton, lalu jadi baju rakyat yang disukai baik wanita ataupun pria. Bahan kain putih yang dipakai saat itu merupakan hasil tenunan sendiri. Mengenai beberapa bahan pewarna yang digunakan, yakni terbagi dalam tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri salah satunya dari indigo, tarum, nila, soga, serta bahan sodanya dibikin dari soda abu, dan garamnya dibikin dari tanah lumpur. Oleh karenanya, demikian indahnya kebudayaan seperti batik yang dipunyai Indonesia lewat cara pembuatan yang begitu simpel serta menarik dengan buatan tangan sendiri.

Mengenai kebudayaan lokal lainnya di Indonesia yakni Reog. Pada intinya Reog merupakan salah satunya kesenian budaya yang datang dari Ponorogo, persisnya di Jawa Timur yakni menjadi kota asal Reog sebetulnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh figur warok serta gemblak, yakni figur orang yang ikkut tampak ketika Reog dipertunjukkan. Reog juga salah satunya budaya daerah di Indonesia yang masih tetap begitu kental dengan beberapa hal yang berbau mistik serta pengetahuan kebatinan yang kuat.

Dalam pertunjukkan reog dipertunjukkan topeng berupa kepala singa yang diketahui menjadi “Singa Barong” raja rimba, sebagai lambang untuk Ketabumi, serta diatasnya ditancapkan bulu-bulu merak sampai mirip kipas raksasa yang melambangkan dampak kuat beberapa rekanan cinanya yang mengatur dari atas semua gerak-geriknya. Sampai saat ini orang-orang Ponorogo cuma ikuti apa sebagai warisan leluhur, mereka menjadi pewarisan budaya yang begitu kaya. Dalam pengalamannya seni Reog adalah cipta kreasi manusia yang tercipta ada aliran keyakinan yang ada dengan cara turun-temurun serta terbangun. Upacaranya juga memakai kriteria yang tidak ringan buat orang pemula untuk memenuhinya tanpa garis keturunan yang pasti. Oleh karenanya mereka berpedoman garis keturunan Parental serta hukum kebiasaan yang masih tetap laku.

Sedang Tari Pendet adalah tari pemujaan yang banyak dimainkan di pura, tempat beribadah umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan prnyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Bersamaan perubahan jaman, beberapa seniman Bali mengubah Pendet jadi “ucapan selamat datang” meskipun masih memiliki kandungan arti yang sacral religius.

Tarian ini sebetulnya adalah pengakuan dari suatu persembahan berbentuk tarian upacara. Tidak seperti tarian-tarian pertunjukkan yang membutuhkan kursus Intens, tarian ini di ajarkan dengan ikuti pergerakan serta jarang dikerjakan di banjar-banjar. Pendet bisa ditarikan oleh kebanyakan orang Bali, pria serta wanita, tua ataupun yang muda. Beberapa gadis muda ikuti pergerakan dari beberapa wanita yang lebih senior yang memahami tanggung jawab mereka dalam memberi contoh yang baik.

Contoh kebudayaan semuanya itu sebagai salah satunya kebudayan asli Indonesia yang dari dahulu sampai saat ini masih tetap dilestarikan serta di kembangkan oleh kebanyakan kelompok orang-orang. Serta tidak ada kelirunya kita menjadi warga Indonesia ikut bangga, karena negara kita sudah memiliki demikian banyak budaya yang beragam macam serta menarik

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer